Perkembangan Harga Kopi Di Dunia (From ICO)

Posted: 12 Juni 2008 in All About Kopi

ICO INDICATOR PRICES
MONTHLY AND ANNUAL AVERAGES
2005 TO 2008
(US cents per lb)
Colombian Mild Arabicas Other Mild Arabicas Brazilian Natural Arabicas Robustas
Composite New Weighted New Weighted New Weighted New Weighted
price York German average York German average York German average York French average
2005 89.36 117.02 114.67 115.73 114.30 115.22 114.86 101.36 102.49 102.29 53.37 49.87 50.55
January 79.35 110.03 107.09 108.22 107.07 107.36 107.16 94.00 93.56 93.63 39.63 36.30 36.96
February 89.40 124.34 119.55 121.56 122.20 119.27 120.86 108.05 105.58 106.11 44.61 40.40 41.24
March 101.44 137.10 134.49 135.54 134.81 135.25 135.03 117.03 120.89 120.12 50.70 49.22 49.51
April 98.20 129.93 129.24 129.51 128.80 130.26 129.53 112.82 114.90 114.48 53.32 50.11 50.75
May 99.78 128.36 129.21 128.87 126.21 130.54 128.37 111.89 115.72 114.96 58.66 55.55 56.07
June 96.29 122.47 120.51 121.29 119.87 122.44 121.16 105.08 107.76 107.23 62.96 59.29 60.02
July 88.48 112.48 109.72 110.79 108.45 111.41 109.93 94.66 97.04 96.56 60.57 57.18 57.88
August 85.31 111.21 107.43 108.94 108.43 107.98 108.20 95.66 94.81 94.98 55.60 51.07 51.97
September 78.79 101.31 100.76 101.15 98.17 100.41 99.49 87.02 89.99 89.48 50.07 46.03 46.87
October 82.55 108.77 104.59 106.21 106.09 104.54 105.05 94.54 94.69 94.40 50.84 46.85 47.53
November 85.93 111.66 107.18 109.00 108.81 107.11 107.74 99.35 97.63 97.96 54.72 50.78 51.45
December 86.85 106.54 106.28 107.69 102.68 106.10 105.77 96.23 97.25 97.57 58.79 55.67 56.39
2006 95.75 118.36 115.70 116.80 113.95 114.80 114.40 102.89 104.19 103.92 70.28 66.98 67.55
January 101.20 129.64 125.24 126.92 124.26 124.49 124.20 115.89 114.84 114.98 66.46 62.77 63.39
February 97.39 123.17 120.01 121.31 118.46 119.70 119.12 109.51 108.91 109.01 65.50 62.45 62.98
March 92.76 117.00 115.26 116.01 112.20 114.76 113.66 103.52 104.02 103.92 62.92 58.92 59.60
April 94.20 119.87 116.37 117.87 114.65 116.01 115.42 105.89 105.39 105.49 64.45 59.75 60.55
May 90.00 113.03 111.43 111.81 107.96 111.03 109.36 99.00 99.63 99.29 63.97 59.32 60.08
June 86.04 106.84 104.97 105.83 101.21 104.55 103.15 91.26 93.68 93.27 64.14 59.43 60.23
July 88.57 109.45 106.56 107.85 102.77 106.49 105.00 91.01 95.39 94.56 68.66 63.62 64.49
August 95.78 116.22 112.57 114.14 112.13 111.43 111.73 98.90 100.74 100.37 75.73 73.15 73.59
September 95.98 112.26 111.51 111.88 109.36 110.11 109.83 97.36 100.06 99.53 77.88 76.95 77.11
October 95.53 113.73 111.76 112.67 110.91 110.33 110.63 97.39 99.57 99.23 76.26 74.95 75.17
November 103.48 126.23 122.23 123.95 123.57 121.27 122.27 109.34 110.17 110.04 79.67 76.28 76.79
December 108.01 132.85 130.54 131.41 129.93 127.38 128.44 115.60 117.84 117.36 77.71 76.22 76.67
2007 107.68 126.74 124.70 125.57 123.20 123.81 123.55 110.72 112.06 111.79 88.29 86.29 86.60
January 105.81 127.54 124.89 126.07 124.40 124.45 124.53 111.99 112.61 112.50 80.55 78.81 79.13
February 104.18 125.54 122.62 123.82 122.34 121.89 122.03 109.78 110.12 110.03 80.97 78.72 79.08
March 100.09 119.92 117.13 118.33 116.44 117.57 117.08 102.34 105.55 104.91 78.95 76.60 77.00
April 99.30 117.51 115.07 116.11 114.59 114.59 114.60 100.84 102.53 102.22 81.64 79.15 79.58
May 100.09 116.14 114.17 115.01 112.35 113.93 113.24 99.66 101.94 101.49 86.06 83.71 83.91
June 107.03 122.35 120.34 121.20 118.76 119.76 119.33 105.89 107.68 107.32 94.76 92.26 92.68
July 106.20 122.32 119.75 120.78 116.80 118.35 117.63 105.25 106.52 106.24 93.47 92.29 92.51
August 107.98 126.68 124.12 125.22 123.53 122.95 123.19 112.47 111.55 111.73 88.51 87.16 87.44
September 113.20 131.51 129.86 130.37 128.04 128.39 128.04 116.43 117.41 117.14 93.61 92.66 92.78
October 115.71 137.71 135.35 136.49 134.43 134.01 134.29 120.95 122.28 122.12 97.34 89.73 91.10
November 114.43 133.81 132.85 133.32 130.28 131.50 131.00 118.99 120.10 119.87 92.28 92.61 92.59
December 118.16 139.87 140.29 140.12 136.47 138.31 137.58 124.06 126.48 125.93 91.37 91.74 91.39
2008






January 122.33
143.37 142.14 142.66
139.10 140.49 139.86
126.26 128.46 127.93
100.68 98.91 99.21
February 138.82
161.30 158.95 159.90
158.03 156.89 157.29
142.25 144.29 143.78
117.10 115.13 115.45
March 136.17
151.48 152.72 151.64
148.07 152.08 149.89
130.45 138.93 136.41
122.44 121.80 121.92
April 126.55
142.41 141.76 142.04
138.06 142.62 140.70
123.15 129.02 127.67
112.06 111.12 111.29
May 126.76
143.51 143.63 143.60
139.32 143.84 141.95
125.18 130.81 129.52
109.58 108.75 108.88

Wah harga kopi tiap tahun naik terus. Bayangin aja dari 88 dolar di tahun 2005 sekarng aja malah jadi 126 dolar amerika. Gila abiz… Biarpun harganya tersebut gabungan yang penting harganya naik, terutama kopi robusta. Kita tahu sich kopi robusta masih kalah kelas dibandingkan dengan kopi arabika. Tapi di INDONESIA, yang banyak diproduksi adalah kopi robusta. Soalnya kalo kita mau nanam kopi arabika, bingung nyari tempatnya. Kopi arabika (Coffea arabica) tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1700 m dpl, suhu 16-20 ° C, beriklim kering 3 bulan/tahun secara berturut-turut. Kopi arabika peka terhadap penyakit HV, terutama bila ditanam di daerah kurang dari 500 dpl. Sedangkan tempat yang memiliki ketinggian 700-1700 m dpl di INDONESIA hanya dapat dihitung dengan tangan. Makanya, banyak yang pake kopi robusta untuk diproduksi. gitu……..

Data ini baru ampe May 2008, info lebih lanjut silakan klik ICO pilih Cofee Price.

Komentar
  1. jogi mengatakan:

    saya tertarik neh pengen tau mengenai kopi kebetulan saya kerja di perusahaan exim, sebenarnya gimana sih menilai kopi yg baik itu baik dari masih bijih atao udah jafi kopi, dengan kata lain rasa gitu. karena saya dengar kalo dari rasa harus ada kriteria tertentu begitu. thank ya buat jawabanya.

  2. hendriyansyah mengatakan:

    satuan berat LB nya mengacu kemana ya karena untuk LB biasanya beda tiap negara

  3. erma mengatakan:

    kebetulan kita lagi neliti kopi, tapi ada gak data yang tahun 2009-2010…tx ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s