BBM dan Bea siswa

Posted: 31 Mei 2008 in My Diary

Kenapa sich minyak dunia naik teruzzz??? Cape dech… Itu adalah kata-kata yang keluar dari mulutku setelah tau BBM akan naik… Ngeri banget… Gara-gara BBM naik, pasti semuanya naik juga, termasuk biaya makan. Masih mending kalo di-balancein bea siswa tiap bulan yang keluar, naik juga(enak banget).  Tapi apa yang hendak  dikata, bea siswanya g naik2, sama aja kan. Sungguh oh, sungguh, penindasan besar2an. Saking hebohnya, nich topik jadi perdebatan dalam kelas kopi.

Tapi g salah sich, dengan langkah yang diambil pemeritah. Saya rasa tepat banget, cuma y itu, yang lain ikut naik. Bayangin dengan harga minyak mentah dunia yang berkisar di atas 100 US Dollar per barrel, mustahil bin mustajap pemerintah mau mensubsidi BBM lagi. Tahun 2005 yang harganya 60-80 aja, ruginya banyak, apalagi sekarang.

Dari grafik di atas aja kita bisa liat, harga minyak mentah dunia mengalami gejolak naik turun. Contohnya aja tahun 2006, minyak sempet menginjakkan kakinya di tangga harga 70 US Dollar (kaya chat ampuh), Tahun 2007, eh malah turun di bawah 60 US Dollar (popularitasnya lagi turun kali ye…). Kok iso ngono yo???

Menginjak pertengahan tahun 2007-2008, harga minyak naik, ampe kaya roket. Jadi 100 US Dollar. Hebat…Beri tepuk tangan…Mengapa??? Banyak faktornya sich, antara lain :

1. OPEC g mau ningkatin produksi minyaknya

2. Banyak tekanan terhadap negara-negara Timur Tengah yang notabene region penghasil minyak

3. Konsumsi lebih besar dari pada produksi

4. Perang dan bencana alam

Tuchkan banyak faktor, lantas bagaimana cara kita agar Indonesia dapat lepas dari krisis yang rumit ini y??? Mana berita barunya, Indonesia tahun ini berencana keluar dari OPEC, karena Indonesia yang salah satu anggota terkenal dalam organisasi tersebut, tidak dapat lagi mengekspor minyak, tapi malah mengimpor minyak, karena terjadi ketidakseimbangnya konsumsi  BBM  di Indonesia dengan produksinya sendiri.

Waduh komplit y masalah kita ini….. Nasib2…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s