Rupiah Stagnan

Posted: 14 April 2008 in Hot News

Sepinya sentimen segar yang beredar di pasar membuat rupiah nyaris tidak bergerak. Pada awal perdagangan Senin (14/4) pagi ini rupiah diperdagangkan sama dengan posisi penutupan akhir pekan lalu, yakni di level Rp 9.190 per dolar Amerika.

Analis valas dari Integral Investama Dus Nanggang mengatakan, sepinya sentimen di pasar membuat rupiah hanya diperdagangkan di kisaran sempit sejak dua pekan terakhir. Rentang perdagangan rupiah yang terbentuk di pasar hanya sebesar 50 basis poin.

Menurut Dus, hingga saat ini masih belum ada faktor fundamental penggerak rupiah. Namun demikian, hasil pertemuan G-7, pekan lalu, memberikan sinyalemen positif kepada dolar Amerika, sehingga pergerakan rupiah hari ini diprediksi akan cenderung melemah di kisaran Rp 9.180 hingga Rp 9.230 per dolar.

Dus Nanggang menilai, pelaku pasar terlihat sangat hati-hati dalam melakukan transaksi. Namun, aksi lepas mata uang berimbal hasil tinggi mulai terjadi. Jika ini terus berlanjut dipastikan akan membuat rupiah semakin terpuruk.

Namun, Dus Nanggang menegaskan, Bank Indonesia akan tetap mengawal rupiah di pasar. Jika pelemahan rupiah tetap terjadi, maka pelemahan tersebut bisa ditahan dan ditekan serendah mungkin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s