Madi, Pimpinan Aliran Sesat Tewas Ditembak

Posted: 7 April 2008 in Hot News

Madi, pimpinan kelompok aliran sesat yang pernah terlibat bentrokan di Desa Salena, Kecamatan Palu Barat, Sulawesi Tengah, tewas ditembak polisi, Sabtu (5/4). Madi ditembak petugas karena melawan saat hendak ditangkap. Polisi juga menangkap tiga pengawal pribadi Madi serta senjata tajam berupa parang dan tombak.

Tewasnya Madi dipastikan tim Detasemen Khusus Antiteror dan CRT Kepolisian Daerah Sulteng yang sebelumnya terlibat aksi penyergapan dan penangkapan terhadap kelompok Madi di Dusun Lompu, Desa Salena. Ketika itu Madi saat disergap tidak langsung menyerahkan diri dan malah berusaha melawan petugas. Polisi kemudian melepaskan tembakan peringatan dan mengenai kaki Madi.

Meski begitu Madi masih berusaha menyerang polisi dengan sebilah parang. Polisi akhirnya melumpuhkan Madi dengan melepaskan tembakan ke bagian perut dan pundak. Madi seketika tersungkur sebelum akhirnya tewas. Sementara tiga pengawalnya, termasuk salah seorang diantaranya perempuan memilih menyerahkan diri.

Kapolda Sulteng Brigadir Jenderal Polisi Badrodin Haiti menyatakan, penangkapan Madi memang sudah lama direncanakan setelah diketahui keberadaannya. Namun, karena melawan saat mau ditangkap polisi terpaksa melumpuhkannya. Sedikitnya terdapat lima tembakan di tubuh Madi. Polisi saat ini masih mengejar 30 pengikut Madi yang diduga masih bersembunyi di hutan Salena.

Kelompok aliran sesat yang dipimpin Madi pernah terlibat bentrok dengan polisi pada 25 Oktober 2005. Dalam bentrokan itu tiga anggota polisi tewas, yakni Kepala Satuan Samapta Polresta Palu Ajun Komisaris Polisi Fuadi Chalis, Kasat Intelkam Polresta Palu AKP Imam Utomo, dan anggota Polsekta Palu Barat Brigadir Arwan. Selain itu seorang anggota kelompok Madi juga ikut tewas dalam bentrokan berdarah itu.

Disadur dari : LIPUTAN 6. 2008. Madi, Pimpinan Aliran Sesat Tewas Ditembak. https://prasetyowidi.wordpress.com/2008/04/07/madi-pimpinan-aliran-sesat-tewas-ditembak/ [7 April 2008]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s