SAD Indonesia Ditaklukkan Cerro

Posted: 2 April 2008 in SAD Indonesia U-17

Tim SAD Indonesia kembali menderita kekalahan dalam lanjutan Liga Uruguay U-17 (Quinta Division) 2008. Memasuki pekan ketiga, Syamsir Alam dkk harus mengakui keunggulan tuan rumah Cerro dengan skor 1-0. Dalam pertandingan tersebut, SAD Indonesia harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-8 setelah Dzainal Haq diganjar kartu merah oleh wasit.

Pelatih Cesar Payovich tetap memainkan pola 4-3-1-2 dengan menurunkan komposisi pemain yang tak jauh beda seperti ketika menghadapi Juventud minggu lalu. Hanya di posisi penjaga gawang, Cesar kembali memainkan Tri Windu yang sebelumnya absen karena cedera.

Kartu merah yang diterima di awal pertandingan membuat SAD Indonesia kesulitan mengimbangi permainan Cerro. Sistem permainan pun diubah menjadi 4-3-2. Hasilnya permainan Syamsir Alam dkk menjadi lebih bertahan.

Tekanan ketat tim lawan juga membuat Indonesia tak bisa menembus lini pertahanan Cerro. Khususnya bagi Syamsir Alam, sepanjang pertandingan ia selalu dimarking ketat oleh pemain belakang lawan. Walhasil, sepanjang pertandingan, Indonesia hanya memiliki dua peluang emas lewat Sahlan Sodiq yang keduanya gagal membuahkan gol. (asp)

Analisa Cesar Payovich

Keeper:
Tri Windu (poin:8). Tampil sangat percaya diri dan mampu mengamankan gawangnya dengan baik dengan banyak melakukan penyelamatan. Meskipun masih sedikit menderita cedera namun ia mampu bermain penuh.

Kuartet Lini Belakang:
Alfin (6) – Reffa (8) – Ferdi (8) – Yericho .(8)
Kuartet ini bermain sangat baik dan disiplin dalam menjaga pertahanan. Bisa dibilang, organisasi lini belakang adalah bagian terbaik dalam tim SAD Indonesia saat ini.

Gelandang Tengah:
Ridwan (5) – Dzainal ( – ) – Rinaldi (4).
Penampilan mereka di awal pertandingan cukup baik. Sayang setelah Dzainal keluar akibat kartu merah, permainan di lini tengah lebih terkonsentrasi bertahan. Kondisi ini tidak terlalu bagus dan selalu terlambat menutup pergerakan lawan.

Gelandang Serang:
Feri (4), Dalam pertandingan ini, saya menempatkan Feri sebagai gelandang serang di belakang dua striker (sebelumnya posisi ini diperankan oleh Rinaldi). Feri cukup bagus dalam menjalankan peran barunya ini. Namun cedera otot yang dideritanya membuat ia tidak bisa tampil maksimal.

Striker:
Syamsir (6) & Sahlan Sodik(6)
Penampilan Syamsir Alam tidak sebagus pada dua pertandingan sebelumnya. Namun semua itu terjadi karena pressing ketat tim lawan terhadap Syamsir. Nyaris sepanjang pertandingan Syamsir tidak bisa keluar dari penjagaan lawan. Meskipun aliran bola dari lini tengah memang tidak berjalan dengan baik.

Formasi lengkap SAD Indonesia vs Cerro

Kiper : Tri Windu

Belakang : Alfin, Reffa, Ferdiansyah, Yericho

Tengah : Dzainal, Ridwan (Davitra), Rinaldi (Faizal), Feri (Ismail/Bayu)

Depan : Syamsir Alam, Sahlan Sodiq

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s